Cara Mudah Membaca Arti Kode Barcode Pada Produk

Bagaimana cara memahami kode bar atau barcode pada produk-produk konsumsi yang dijual bebas. Ternyata mudah dan sederhana!
Melalui kode bar atau  barcode, kamu bisa mengetahui berbagai informasi, termasuk di negara mana produk yang sedang kamu konsumsi tersebut diproduksi.


Cara Mudah Membaca Barcode

Pernahkah kamu penasaran untuk mengetahui darimana produk yang kamu konsumsi berasal. Walaupun kadang alamat perusahaannya tercantum pada kemasan, kadang ada beberapa produk yang tidak mencantumkan dimana atau di negara mana produk tersebut diproduksi.
Pada kode bar atau barcode di produk-produk konsumsi seperti makanan, minuman, perawatan tubuh, produk kecantikan dan lain sebagainya, terdapat deretan angka yang biasanya dimulai dari 0 - 9. 

Nah, angka-angka ini bukan sembarang kode produksi, namun juga menyimpan informasi dimana produk tersebut di produksi.
Yang perlu diperhatikan adalah barisan digit angka awal pada kode bar tersebut. Kode yang biasa dibaca dengan menggunakan barcode scanner ini diawali dari angka 38 dan seterusnya. Walau sudah ada standar internasionalnya, ada beberapa perusahaan atau toko yang menggunakan kode barcode mereka sendiri, dan diawali dengan dua digit dari 00 - 37.


Kode Barcode untuk Indonesia


Beberapa produk makanan dan produk konsumsi yang dijual di Indonesia sangat beragam, mulai dari yang lokal, hingga impor. Beberapa dari produk ini mencantumkan alamat lengkap dimana produk tersebut di produksi, namun ada beberapa tidak melakukan ini dan hanya mencantumkan alamat kantor pusatnya.

Sekedar informasi saja, nih. Produk yang berkantor pusat di Singapura, misalnya, tidak berarti diproduksi di Singapura. Bisa saja di Vietnam, Thailand dsb. Nah, untuk tahu dimana produk tersebut diproduksi atau aslinya dipasarkan di negara mana tanpa perlu menggunakan barcode reader atau barcode scanner, kamu bisa melihat pada tiga digit pertama pada kode bar atau barcode. Untuk memudahkan, kami buat tabel ini khusus untuk kamu. Tabel dibawah kami buat secara sederhana dengan meng-highlight beberapa negara yang produknya umum ditemukan di Indonesia.




Kode Barcode dengan Standar Internasional


Selain kode bar atau barcode yang sudah disebutkan diatas, ada beberapa kode nomor barcode yang dipakai oleh semua negara sebagai standar kode internasional. Yang paling umum adalah kode untuk musik, buku dan majalah atau koran. Nomor-nomor tersebut bisa kamu lihat pada tabel dibawah ini.



Nah, sekarang kamu bisa dengan mudah mengetahui dari mana produk yang kamu beli berasal tanpa menggunakan barcode scanner. Tentunya masih banyak kode-kode lain yang lebih spesifik untuk produk-produk elektronik, komputer dan lain sebagainya yang akan jadi terlalu panjang kalau dibahas. Kami harap artikel singkat ini bisa bermanfaat bagi semua yang membacanya.

Sumber : http://www.priceza.co.id/guide/Tips-and-Trik/Cara-Mudah-Membaca-Arti-Kode-Barcode-Pada-Produk/

1 komentar:

  1. Hi, terima kasih banyak sudah share artikel kami, ya. Kamu bisa mengunjungi Priceza.co.id untuk membaca artikel-artikel menarik lainnya. Selalu ingat untuk cek harga sebelum belanja! :)

    BalasHapus