Makanya, mending Anda coba pelajari dulu fitur-fitur apa saja yang diterapkan pabrikannya ke produk andalan mereka itu. Siapa tau bisa jadi panduan buat Anda dalam memilih produk yang sesuai selera. Yuk, cekidot!
Roda
Baik NMP maupun Byson 150 sama-sama mengaplikasi lingkar roda 17 inci. Dan ban yang digunakan juga tipe tubeless. Tapi ukurannya lebih gede Byson 150, yakni depan 100/80-17 M/C 52P dan belakang 120/70-17 M/C 58P. Sedang di NMP pakai ukuran 80/100-17 M/C 46P (depan) dan 100/80-17 M/C 55P (belakang).
Pakai ban lebih lebar umumnya unggul soal handling. Tapi biasanya berdampak akselerasi jadi agak berat dan konsumsi BBM sedikit boros. Tapi untuk membuktikannya, nanti kami tes lagi pada kedua motor ini. Oh iya, untuk pelek AHM menawarkan dua pilihan; spoke wheel (SW) dan casting wheel (CW). Sementara Byson baru ada tipe CW.
Byson |
New Mega Pro |
New Mega Pro |
Byson |
Suspensi
Pada kedua motor ini, di bagian depan pakai teleskopik. Namun diameter batang sok yang dijejali YMKI ke Byson lumayan gede, yaitu 41 mm. Lebih gede 10 mm dari NMP yang cuma 31 mm. Alhasil membuat kaki depan Byson terlihat jadi lebih kekar bak moge SF. Soal kemampuan meredam kejutnya berdasarkan uji coba Mr. Testo sih tidak begitu jauh berbeda.
Di belakang, juga sama-sama aplikasi swing arm dipadu monosok. Monosoknya juga diapat disetel tingkat kekerasannya alias adjustable. Pada NMP pilihan kekerasannya ada 3 level; soft, medium dan hard. Sedang di Byson model berundak dengan jumlah 5 undakan.
Kunci Kontak
Buat pertimbangan keamanan, AHM adopsi kunci kontak jenis shutter key pada NMP. Fitur ini terbukti cukup ampuh menghambat aksi pencurian sepeda motor yang kian mengganas. Sedang di Byson masih menganut kunci kontak model biasa.
Pada kedua motor ini, di bagian depan pakai teleskopik. Namun diameter batang sok yang dijejali YMKI ke Byson lumayan gede, yaitu 41 mm. Lebih gede 10 mm dari NMP yang cuma 31 mm. Alhasil membuat kaki depan Byson terlihat jadi lebih kekar bak moge SF. Soal kemampuan meredam kejutnya berdasarkan uji coba Mr. Testo sih tidak begitu jauh berbeda.
Di belakang, juga sama-sama aplikasi swing arm dipadu monosok. Monosoknya juga diapat disetel tingkat kekerasannya alias adjustable. Pada NMP pilihan kekerasannya ada 3 level; soft, medium dan hard. Sedang di Byson model berundak dengan jumlah 5 undakan.
Kunci Kontak
Buat pertimbangan keamanan, AHM adopsi kunci kontak jenis shutter key pada NMP. Fitur ini terbukti cukup ampuh menghambat aksi pencurian sepeda motor yang kian mengganas. Sedang di Byson masih menganut kunci kontak model biasa.
New Mega Pro |
Byson |
Byson |
New Mega Pro |
Rem
Peranti ini tentu juga jadi satu pertimbangan saat mau beli motor. Nah, antara Byson dengan NMP menawarkan kelebihan sendiri. Misal di depan Byson menggunakan piringan cakram dengan diameter lebih lebar (267 mm) dibanding New Mega Pro (245 mm). Dilengkapi kaliper 2 piston.
Namun di belakang, Byson masih andalkan tipe teromol. Sementara NMP sudah mengaplikasi jenis disc brake..
Baik Byson dan NMP sudah menggunakan penunjuk kecepatan model digital. Termasuk penunjuk bensinnya. Tapi untuk pemantau putaran mesin, Mega Pro masih mengandalkan jenis analog.
Mesin
Sistem pendingin kedua SF ini masih andalkan angin. Tapi ada juga fitur pendingin tambahan yang coba diterapkan tiap pabrikan. kalau di Byson, YMKI menambah sebuah corong pengarah angin yang ditempatkan di bagian kanan mesin untuk mendinginkan bagian kepala silinder seputar busi. Sistem itu dinamai YRCS (Yamaha Ram Air Cooling System).
Sedang di MegaPro, Honda merancang kepala silindernya menganut jalur atau rongga yang mengarah ke bagian tengah head, dinamai 2 way air cooling system. Selain sistem pendingin, kedua motor juga sudah pakai roller rocker arm.
Lalu gimana soal gaya? NMP tampaknya lebih menyuguhkan tongkrongan elegan dan kalem. Sementara Byson bisa mengakomodasi yang doyan show-off. Jadi, pilih yang mana?
Peranti ini tentu juga jadi satu pertimbangan saat mau beli motor. Nah, antara Byson dengan NMP menawarkan kelebihan sendiri. Misal di depan Byson menggunakan piringan cakram dengan diameter lebih lebar (267 mm) dibanding New Mega Pro (245 mm). Dilengkapi kaliper 2 piston.
Namun di belakang, Byson masih andalkan tipe teromol. Sementara NMP sudah mengaplikasi jenis disc brake..
Baik Byson dan NMP sudah menggunakan penunjuk kecepatan model digital. Termasuk penunjuk bensinnya. Tapi untuk pemantau putaran mesin, Mega Pro masih mengandalkan jenis analog.
Mesin
Sistem pendingin kedua SF ini masih andalkan angin. Tapi ada juga fitur pendingin tambahan yang coba diterapkan tiap pabrikan. kalau di Byson, YMKI menambah sebuah corong pengarah angin yang ditempatkan di bagian kanan mesin untuk mendinginkan bagian kepala silinder seputar busi. Sistem itu dinamai YRCS (Yamaha Ram Air Cooling System).
Sedang di MegaPro, Honda merancang kepala silindernya menganut jalur atau rongga yang mengarah ke bagian tengah head, dinamai 2 way air cooling system. Selain sistem pendingin, kedua motor juga sudah pakai roller rocker arm.
Lalu gimana soal gaya? NMP tampaknya lebih menyuguhkan tongkrongan elegan dan kalem. Sementara Byson bisa mengakomodasi yang doyan show-off. Jadi, pilih yang mana?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar