Pada sepeda motor
dengan mesin yang sudah
menggunakan sistem
injeksi atau PGM-FI pada
Honda, untuk
memudahkan pemilik atau mekanik mengatasi
gangguan, komputer
dilengkapi dengan
fungsi diagnosa mandiri
atau self diagnostic
function.
Jika terjadi gangguan, lampu indikator gangguan atau Malfunction Indicator Lamp (MIL) akan menyala selama 2 detik dan kemudian mati (kalibrasi). Bila terjadi kegagalan atau kelainan pada sensor- sensor PGM-FI, lampu akan memberikan kode berupa kedipan sesuai dengan sensor yang rusak.
Ada 2 jenis kedipan MIL yaitu :
pendek (0,3 detik)
dan kedipan panjang (1,3
detik).
Jika berkedip pendek, berarti 1 dan MIL berkedip panjang berarti 10. Kode tersebut akan terus berkedip hingga permasalahan dapat diatasi. Jika terjadi dua atau lebih kerusakan, semua kode akan dikeluarkan secara berulang-ulang dan terjadi selama posisi kunci kontak ON.
Setiap kedipan itu merupakan kode untuk mendeteksi lokasi kerusakan pada mesin dengan teknologi PGM-FI. Dengan cara ini masalah bisa ditangani dengan cepat dan akurat.
Berikut kode tersebut :
(Jumlah
Kedipan) (Kerusakan)
1 Manifold Absolute Pressure
7 EOT/ECT (Engine Oil/Coolant Temperature)
8 Throttle Position (TP)
9 Air Intake Temperature
12 Injector
21 Sensor O2/ oksigen
29 Idle Air Control Valve (IACV)
33 Engine Control Module (ECM)
54 Bank Angle sensor
Jika terjadi gangguan, lampu indikator gangguan atau Malfunction Indicator Lamp (MIL) akan menyala selama 2 detik dan kemudian mati (kalibrasi). Bila terjadi kegagalan atau kelainan pada sensor- sensor PGM-FI, lampu akan memberikan kode berupa kedipan sesuai dengan sensor yang rusak.
Ada 2 jenis kedipan MIL yaitu :
Jika berkedip pendek, berarti 1 dan MIL berkedip panjang berarti 10. Kode tersebut akan terus berkedip hingga permasalahan dapat diatasi. Jika terjadi dua atau lebih kerusakan, semua kode akan dikeluarkan secara berulang-ulang dan terjadi selama posisi kunci kontak ON.
Setiap kedipan itu merupakan kode untuk mendeteksi lokasi kerusakan pada mesin dengan teknologi PGM-FI. Dengan cara ini masalah bisa ditangani dengan cepat dan akurat.
Berikut kode tersebut :
(Jumlah
Kedipan) (Kerusakan)
1 Manifold Absolute Pressure
7 EOT/ECT (Engine Oil/Coolant Temperature)
8 Throttle Position (TP)
9 Air Intake Temperature
12 Injector
21 Sensor O2/ oksigen
29 Idle Air Control Valve (IACV)
33 Engine Control Module (ECM)
54 Bank Angle sensor
Sumber : KompasOtomotif.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar