Mata Kelilipan Debu? Jangan Dikucek, Coba Berkedip Sesering Mungkin

Jakarta - Mata yang kelilipan debu tentu akan mengganggu penglihatan dan aktivitas sehari-hari, untuk mengatasinya biasanya orang akan langsung menguceknya berkali-kali. Padahal kebiasaan tersebut bukannya menyembuhkan tapi justru bisa membuat iritasi.

Seperti dikutip dari situs resmi University of Rochester Medical Center pada Selasa (12/1/2016), mengucek mata terlalu keras dapat menarik debu ke kornea. Selain iritasi, debu juga dapat menggores kornea.

Nah, jika mata kelilipan debu atau benda asing, maka langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan banyak berkedip cepat. Cara ini sangat efektif untuk 'menyingkirkan' partikel tersebut.

Jika sudah banyak berkedip namun mata masih terasa gatal dan kelilipan, maka Anda bisa membersihkan mata dengan menggunakan kain atau tisu bersih. Jika benda yang membuat mata Anda adalah kotoran mata yang sudah mengering, maka sebaiknya Anda membersihkannya dengan menggunakan kain atau tisu yang dibasahkan dengan air.

"Kalau mata terkena benda asing atau kelilipan maka cara yang paling aman adalah dengan cara melakukan irigasi atau mengguyur benda asing di mata dengan air steril," pesan dr M. Nurdin Zuhri, SpM dari RS Universitas Airlangga kepada detikHealth.

Jika cara-cara tersebut sudah dilakukan namun debu atau benda asing tersebut masih terasa ada di mata, maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis mata. Yang terpenting, jangan sekalipun Anda mengucek atau mengorek sendiri dengan menggunakan tangan atau benda yang tak steril ya.

Sumber : m.detik.com/health

Tidak ada komentar:

Posting Komentar